Sabtu, 17 April 2010

4O KEBERKAHAN PADA BULAN RAMADHAN

Sabtu, 17 April 2010
.....4O KEBERKAHAN PADA BULAN RAMADHAN.....

Bismillahirrahmanirrahim..

Segala puji hanyalah milik Allah semata. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan keharibaan Nabi kita Muhammad bin Abdullah, segenap keluarga dan para sahabatnya serta setiap orang yang mengikuti mereka dengan ihsan. Amma ba’du:
Segala puji hanya milik Allah, Tuhan seluruh alam. Shalawat dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada Nabi dan Rasul termulia; yaitu Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta semua orang yang mengikutinya dengan baik hingga hari Kiamat; wa ba’du. Saudara, bulan Ramadhan adalah bulan dimana orang yang tidur dihitung ibadah, pahala dilipat gandakan dan do'a amat mustajab.
Seorang penyair bersenandung:

Siapa saja yang terkena penyakit sebab kecerobohan dan dosanya…
hendaknya ia mendatangi pintu Ramadhan sebagai tabibnya.
Wahai kaum ketahuilah, bahwa bau mulut orang yang sedang berpuasa itu…
lebih harum semerbak daripada minyak kesturi.
Bukankah ucapan ini adalah ucapan Rabb kalian?...
puasa adalah milikKu dan Aku yang akan langsung memberi balasannya.

Saudaraku, berikut ini adalah 40 buah keberkahan di bulan Ramadhan yang saya sarikan dari nash-nash shahih. Selamat mengikuti. Keberkahan Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Allah berfirman yang artinya: "Bulan Ramadhan,bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an." (Al-Baqarah: 185), juga: "Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an itu pada laitatul qadar (malam kemuliaan). (Al-Qadar: 1). Rasulullah r adalah orang yang paling dermawan (setiap orang yang meminta tak ada yang beliau tolak), dan kedermawanan beliau bertambah lagi pada bulan suci ini saat beliau ditemui Jibril yang bertadarus Al-Qur'an.

Berkah puasa pada bulan Ramadhan.
=======================
Nabi r bersabda: "Siapa saja yang berpuasa bulan Ramadhan karena iman dan ihtisab (mengharap pahala Allah) maka diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu." Dalam hadits qudsi diterangkan: "Setiap amal manusia adalah untuknya. Sebuah kebaikan diganjar dengan sepuluh kali hingga 700 kali lipat, kecuali shaum. Aku yang akan memberi balasannya. Karena ia meninggalkan syhwatnya, makan dan minumnya untukKu.."

Berkah kabar gembira dan ucapan tahni'ah dengan Ramadhan.
======================================
Hal ini seperti yang termaktub dalam hadits, Rasulullah r berdo'a: "Allahumma baarik lanaa fii Rajaba wa Sya'baan, wa ballighnaa Ramadhaan." Juga hadits: "Telah datang bulan Ramadhan. Bulan penuh berkah. Allah mewajibkan shaum di dalamnya atas kalian." Para salaf kita, dulu selalu berdo'a 6 bulan sebelumnya agar dipertemukan dengan Ramadhan.

Berkah malam pertama bulan Ramadhan.
=========================
Nabi r bersabda: "Jika tiba awal pertama bulan Ramadhan, maka setan-setan dan jin jahat dibelenggu, semua pintu neraka ditutup dan seluruh pintu surga dibuka. Setiap malam ada yang menyeru: "Wahai pencari kebaikan sambutlah dan berhentilah kamu wahai pencari kejelekan…"

Berkah shalat malam dan tahajjud pada malam bulan Ramadhan.
=======================================
Dalam hadits disebutkan: "Siapa saja yang berqiyamul lail (shalat malam) pada bulan Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu." Juga dalam hadits lain dijelaskan: "Siapa saja yang shalat bersama imam sampai imamnya pergi meninggalkan tempatnya maka dicatat bagi orang tersebut shalat semalam suntuk…"(HR. Para pemilik Sunan dan disohihkan oleh Tirmidzi)

Berkah sedekah di bulan Ramadhan.
======================
Nabi r bersabda: "Sedekah yang paling afdhal ialah sedekah pada bulan Ramadhan." Rasulullah r adalah orang yang paling dermawan dan bertambah kedermawanannya pada bulan Ramadhan saat ditemui Jibril, beliau lebih dermawan daripada angin yang bertiup.
Berkah buka shaum. Dalam sebuah riwayat, Nabi r bersabda: "Sungguh kami para nabi disuruh agar menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur kami." Dalam hadits qudsi, ditegaskan: "Sungguh hamba yang paling Kusayangi adalah yang paling bersegera berbuka shaumnya." Juga: "Manusia selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan buka shaumnya."

Berkah memberi orang buka shaum.
=====================
Dalam hal ini Nabi r bersabda: "Siapa saja yang memberi buka shaum pada bulan Ramadhan maka hal itu sebagai pelebur dosanya dan mengentaskannya dari neraka. Dan baginya seperti pahala orang tersebut tanpa terkurang sedikitpun." Sahabat bertanya: Wahai Rasul, tidak semua kami mampu melakukan hal itu. Maka beliau r bersabda: "Allah memberikan pahala ini kepada orang yang memberi buka shaum walau seteguk susu, sebuah kurma atau seteguk air minum. Siapa saja yang memberi minum orang yang shaum, maka Allah memberinya minum dari telagaku yang menajadikannya tidak haus selamanya sampai ia masuk surga..."

Keberkahan do'a saat berbuka.
===================
Rasulullah telah berpesan saat berbuka, agar kita membaca: "Dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'aruuqu wa tsabatal ajru insya Allaah". Atau "Bismillaahi, Allaahumma laka shumtu, wa'alaa rizqika afthortu, fataqabbal minnii innaka Antas samii'ul 'aliim."
Berkah do'a yang mustajab di bulan Ramadhan. Nabi r bersabda: "Bagi orang yang sedang berpuasa do'a tak tertolak saat ia berbuka." Dalam hadits lain: "Bagi orang yang sedang shaum dua buah kebahagiaan; bahagia saat berbuka dan bersuka cita ketika bersua Rabbnya." Demikian pula riwayat yang menyebutkan ada tiga orang yang do'anya makbul; do'a orang yang sedang shaum hingga ia berbuka, seorang imam yang adil dan orang yang teraniaya.

Berkah lailatul qadar.
==============
Nabi bersabda: "Siapa saja yang melakukan qiyamul lail pada malam lailatul qadar karena didasari iman dan ihtisab, maka diampunkan dosa-dosanya yang telah lampau." Hal itu bisa jadi, karena lailatul qadar lebih afdhal daripada 1000 bulan. Maka dari itu, sebagian sahabat dan salaf menganggap sunnah mandi dan memakai parfum pada 10 hari terakhir demi menjaring lailatul qadar.
(Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa
sallam, (bahwasanya) beliau bersabda."Artinya : Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (Hadits Riwayat Bukhari 4/99, Muslim 759)
Catatan :
Ihtisab sebagai tanda kesalihan dan kelurusan seorang hamba.
Ihtisab (niat mencari pahala) dalam amal-amal ketaatan bisa menjadikan pelakunya tanang dan tentram dengan apa yang dimilikinya disisi Rabbnya, sehingga nilai keimanannya erlipat dan jiwa maknawinya semakin kuat.
Ihtisab (niat mencari pahala) dalam hal-hal yang dibenci bisa menghilangkan kesedihan, membuat gembira dan bisa membuat apa yang disangka manusia sebagai kesengsaran menjadi kenikmatan.

Berkah sahur.
=========
Rasulullah r telah berwasiat: "Lakukanlah sahur, karena mengandung keberkahan." Juga: "Hendaknya kalian melakukan sahur karena sahur adalah makanan yang diberkahi." Tapi justeru: "Sahur itu seluruhnya adalah keberkahan. Maka jangan kalian tinggalkan walau hanya sekedar dengan seteguk air, karena Allah dan para MalaikatNya mendo'akan bagi orang-orang yang melakukannya." Hal ini bisa terjadi, karena: "Pembeda antara shaum kita dengan shaum ahli Kita adalah adanya sahur."

Berkah dalam safar di bulan Ramadhan.
========================
Allah berfirman yang artinya: "Maka barangsiapa di antara kalian ada yang sakit atau dalam perjalan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain." (Al-Baqarah: 184) dalam hadits disebutkan: "Tidak termasuk suatu kebaikan, puasa dalam safar." Dalam hadits lain: "Bahwasanya Allah telah meletakkan shaum dan setengah shalat bagi musafir."


Berkah sakit di bulan Ramadhan.
====================
Maka barangsiapa di antara kalian ada yang sakit atau dalam perjalan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain." (Al-Baqarah: 184). Hal ini terjadi, karena seseorang yang didera sakit berat dan tiada harapan sembuh, maka dia tidak wajib puasa, bayar keffarat dan tidak pula mengqodho'nya. Ini berkat Ramadhan, sebagai dispensasi dan rahmat.

Berkah berobat.
==========
Dalam sebuah hadits dijelaskan: "Tiga hal tidak membatalkan puasa seseorang; hijamah (bekam), muntah (tanpa unsur sengaja) dan bermimpi keluar mani." Hanya saja hijamah, makruh sebab dapat melemahkan orang yang sedang shaum. Sedangkan memakai sifat mata, maka Nabi r bersabda: "Dan hendaknya orang yang sedang shaum membentengi diri dengannya." Adapun mengenakan minyak rambut, maka Ibnu Mas'ud berkomentar: Rasulullah telah mewasiati diriku agar di pagi hari saat aku shaum aku dalam kondisi mengenakan minyak rambut dan menyisirnya. Jangan sampai di hari puasamu itu -kata beliau-, kamu dalam kondisi masam dan dekil.

Berkah i'tikaf.
========
Rasulullah telah melakukannya 10 hari pada setiap Ramadhan. Tapi pada tahun wafatnya, beliau melakukannya 20 hari. Dulu jika beliau memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, maka beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya (dengan ibadah) dan membangunkan keluarganya.

Berkah dibelenggunya setan.
==================
Hal itu seperti yang termaktub dalam sebuah hadits: "..pada bulan Ramadhan, setan dan jin-jin jahat diikat."

Berkah membiasakan anak-anak untuk shaum.
============================
Dari al-Rabi' binti Mu'awwidz, ia berkata: Dulu kami membiasakan anak-anak kami shaum dan kami buatkan permainan dari kapas, jika mereka menangis minta makan maka kami berikan mainannya tersebut sampai tiba saat berbuka.

Berkah zakat fitrah pasca Ramadhan.
=======================
Rasulullah telah mewajibakan zakat fitrah di akhir bulan Ramadhan sebagai alat yang mencucikan orang shaum dan bantuan makan untuk orang-orang miskin.

Berkah hari raya 'idul fitri.
================
Dalam sebuah hadits qudsi diterangkan: "Wahai para hambaKu, kalian telah berpuasa hanya karenaKu dan mendirikan shalat malam hanya untukKu, maka kembalilah kalian dengan ampunanKu." Hari raya 'idul fitri juga disebut hari penerimaan hadiah. Hari raya ini datang setelah Allah membebani para hambaNya muslimin kewajiban puasa bulan Ramadhan dan menjadikan bagi mereka setelah paripurna mengerjakan ibadah tersebut hari yang menyenangkan mereka.

Berkah melakukan umrah di bulan Ramadhan.
===========================
Dalam sebuah riwayat disebutkan: "Umrah di bulan Ramadhan menyamai sebuah haji." Dalam riwayat lain: "..menyamai haji bersama diriku."

Berkah bau mulut orang yang berpuasa.
===========================
Dalam hadits dterangkan: "Sungguh, bau mulut orang yang sedang mengerjakan shaum itu di sisi Allah lebih harum daripada aroma minyak kesturi."

Berkah siwak di bulan Ramadhan.
====================
Rasulullah r melakukan siwak dalam kondisi beliau berpuasa. Abdur Rahman bin Ghunaim pernah bertanya kepada Mu'adz bin Jabal, "Bolehkah saya bersiwak padahal saya sedang berpuasa?" Mu'adz menjawab: "Ya."

Berkah air kumur di bulan Ramadhan.
======================
Sungguh Rasulullah r dulu melakukan madhmadhah (berkumur-kumur) dan istinsyaq (menghirup air ke hidung) dalam kondisi berpuasa. Hanya saja beliau bersabda: "Berlebih-lebihanlah dalam istinsyaq, kecuali jika kamu berpuasa."

Berkah lupa di bulan Ramadhan.
====================
Nabi r bersabda: "Siapa saja yang lupa padahal ia berpuasa, lalu ia makan atau minum maka hendaknya ia sempurnakan puasanya. sesungguhnya Allah-lah yang memberinya makan dan minum."

Berkah norma dan etika baik di bulan Ramadhan.
==============================
Rasulullah r telah mewasiati kita: "Jika pada hari puasa salah seorang diantara kalian, maka janganlah berkata cabul dan berteriak-teriak. Apabila ada yang menghina atau mengajaknya bertengkar maka ucapkanlah, maaf saya sedang berpuasa."

Berkah rafats (mencampuri, menggauli) isteri di malam bulan Ramadhan.
============================================
Allah berfirman yang artinya: "Dihalalkan untuk kalian pada malam bulan Ramadhan menggauli isteri-isteri kalian." (Al-Baqarah: 187).

Berkah makan dan minum di malam bulan Ramadhan.
================================
Allah berfirman yang artinya: "Dan makan minumlah hingga terang bagi kalian benang putih dan benang hitam yaitu fajar." (A-Baqarah: 187).

Berkah bagi wanita di bulan Ramadhan.
========================
Dalam hadits diterangkan: "Sesungguhnya Allah telah meletakkan bagi musafir puasa dan setengah shalat, sedangkan bagi wanita hamil dan yang menyusui dari puasa."

Berkah bagi lansia (lanjut usia) di bulan Ramadhan.
===============================
Allah berfirman yang artinya: "Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, yaitu; memberi makan seorang miskin." (Al-Baqarah: 184). Yaitu, setengah sha' daripada makanan utama suatu negeri.

Berkah kematian di bulan Ramadhan.
======================
Dalam sebuah riwayat: "Siapa saja yang meninggal dan memiliki tanggungan shaum, maka digantikan walinya."

Berkah niat di bulan Ramadhan.
===================
Dalam sebuah hadits: "Tiada puasa bagi orang yang tidak berniat pada malam hari."
Berkah surga di bulan Ramadhan. Dalam riwayat disebutkan, Nabi r bersabda: "Allah menghiasi surgaNya pada setiap hari di bulan Ramadhan." Dalam hadits qudsi: "Sudah amat dekat para hambaKu keluar dari kesulitan dan penyakit lalu kembali menuju kepadamu (surga)." Dalam riwayat juga disebutkan, bahwa di surga terdapat pintu yang bernama AR-ROYYAAN yang hanya dikhususkan bagi orang-orang yang berpuasa.

Berkah merdeka dari neraka di bulan Ramadhan.
=============================
Dalam sebuah hadits diterangkan: "Allah memiliki hamba-hamba yang bebas merdeka dari neraka. Dan hal ini adalah pada setiap malam bulan Ramadhan."

Berkah istighfar.
==========
Nabi r bersabda: "Pada bulan Ramadhan, para malaikat memintakan ampunan bagi orang-orang yang berpuasa sampai mereka berbuka."

Berkah ampunan Allah di bulan Ramadhan.
==========================
Nabi r bersabda: "Allah mengampuni orang-orang yang berpuasa di akhir malam bulan Ramadhan."

Berkah kebaikan memperbanyak baca Al-Qur'an di bulan Ramadhan.
=========================================
Imam Sufyan Tsauri, jika telah memasuki Ramadhan maka beliau hentikan aktivitas mengajarnya guna konsentrasi penuh dengan Al-Qur'an dan ibadah lainnya. Hal ini, karena beliau berkudwah dengan Rasulullah r yang amat dermawan utamanya saat beliau ditemui Jibril dan bertadarus Al-Qur'an dengannya.

Berkah peristiwa-peristiwa besar bersejarah yang terjadi di bulan Ramadhan.
==============================================
Di antaranya kemenangan yang amat menentukan di perang Badar bagi kaum muslimin, tertaklukkannya kota Mekkah dan dihancurkannya berhala-berhala bangsa Arab (Latta, Manat dan Suwa').

Berkah terkumpulnya berbagai amal taat di bulan Ramadhan.
====================================
Yaitu bersatunya shalat, puasa, qiyamullail, i'tikaf, baca Al-Qur'an, umrah, sedekah, memberi buka shaum, beristighfar, taubat dan berbuat aneka kebaikan.

Berkah di akhir bulan Ramadhan.
====================
Dalam sebuah hadits dijelaskan: "Allah membebas merdekakan seluruh orang yang telah terbebaskan pada setiap malam sepanjang bulan Ramadhan."

SubhanaAllah Demikianlah, keberkahan-keberkahan telah datang berurutan pada bulan Ramadhan yang merupakan sebuah bulan awalnya rahmat, pertengahannya maghfiraoh dan akhir ujungnya adalah terbebas dari neraka. Sungguh amat merugi orang yang mendapati bulan Ramadhan, tapi keluar tidak membawa ampunan atas dosa-dosanya. Dan wa aakhiru da'waanaa anil hamdu lillaahi rabbil 'aalamiin.

Semoga catatan ini bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu'alaikum wr wb.

Referensi:
1. http://www.nouralislam.org/indonesian/
blog comments powered by Disqus
 

About (Biodata Diri)

Profil Evi Andriani adalah
Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, berdiskusi, dan memberikan motivasi serta inspirasi bagi banyak orang.

Biodata :
Nama : Evi Andriani
Jenis Kelamin : Wanita
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 05 Oktober
Alamat : Jl. Selamat. No. 70. Medan Amplas. Medan 20219
Website : http://www.eviandrianimosy.blogspot.com dan http://www.tokoeviandriani.com
Email : evi_andriani55@yahoo.com
Twitter : @eviandri55
FB : https://www.facebook.com/eviandriani55
Line : eviandriani
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Menikah

Pendidikan :


2010 - 2015: Pascasarjana Teknik Elektro USU dengan Konsentrasi Teknik Sistem Komputer
2007 - 2010: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia (Electrical Engineering)
2003 - 2006: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan
2000 - 2003: SMU Negeri 5 Medan
1997 - 2000: SMP Negeri 15 Medan
1991 - 1997: SD Negeri 060827 Medan
1990 – 1991: TK Nur Hasanah

Aktivitas 2015 ada di beberapa organisasi/grup :
- PMI Kota Medan
- FLP Sumut (Forum Lingkar Pena Sumatera Utara)
- IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis)
- Cinta Kupu (Komunitas Lupus Sumatera Utara)
- ITJ Medan
- ODOJ (One Day One Juz)
- Yayasan Lupus : YLI (Yayasan Lupus Indonesia), SDF (Syamsi Dhuha Foundation)
- Cermat (Cendoler Medan Top) dari Yayasan Mayoko-Aiko
- KEB (Komunitas Emak-emak Blogger)
- BlogM (Komunitas Blogger Medan)
- Winner Class (Kelas Menulis Pemenang oleh Ali Muakhir)

Karya Buku :
1). 25 buku antologi
2). 11 edisi buku Pariwisata dan Kebudayaan : Indonesia The Beauty of Asia
3). 2 buku solo

Prestasi seorang Evi Andriani :

Menang Audisi di bidang kepenulisan :
1.Memenangkan event “Leutika In Your Blog”
2.Memenangkan Lomba Resensi dan Foto Bareng Buku "Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang"
3.Memenangkan weeklynote Leutika tentang “Iklan rokok keren sih, tapi...”
4.Memenangkan event “Adu Jurus Lawan Setan”
5.Mendapatkan hadiah “Al-qur’an Azalia Syamil” karena blog terpilih.

Penghargaan :
1.Pada 11 Januari 2011, mendapat piagam penghargaan “Mari Menulis” dari Leutika Publisher sebagai Leutikan yang banyak mengajak masyarakat untuk cinta membaca dan menulis.
2.Pada 30 April 2012 mendapat piagam penghargaan dari Agensi Naskah Indiscript sebagai penulis.
3.Pada 16 Juni 2012 mendapat piagam penghargaan sebagai pembedah buku dalam rangka acara Workshop Menulis, Launching, dan Bedah Buku Ria Ristiana Dewi; Antologi Puisi Angin Kerinduan.
4.Pada tanggal 03 Maret 2013 mendapat piagam penghargaan sebagai pembicara Seminar Motivasi Pelajar “Bongkar Rahasia Sang Pemenang UN!” di aula BPPT Jl. Wahid Hasyim Medan.
5.Pada tanggal 12 Juni 2015 mendapat piagam penghargaan Idolanesia Award sebagai ITP Survivor dari KPPI (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Peliputan Profil / biografi :
1. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh DAAI TV pada tanggal 9 Februari 2013 pada acara Bingkai Kehidupan
2. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kartini pada Mei 2014
3. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kampus USU pada April 2015

Prestasi di bidang lainnya :
1.Juara 2 pidato bahasa Inggris pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 13 Juli 1996
2.Pada 26 Feb 2012, mendapat juara 2 dan sertifikat penghargaan sebagai “excellent performance in English Trivia Quiz” oleh LIA English Club Medan
3.Menjadi Warga Teladan Award Kampung WR (Writing Revolution) pada bulan Desember 2011-Januari 2012.
4.Sewaktu SD, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat sekolah
5.Sewaktu pramuka SMP, pernah mendapatkan juara 1 tarik tambang
6.Sewaktu SMA, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat PMR se-Sumatera Utara
7.Pernah dan selalu mendapatkan rangking 1 sampai tiga besar semasa sekolah SD, SMP dan SMA, juga masuk kelas unggulan di sekolah

Seminar / Pelatihan :

25-26 April 2015 : Mengikuti seminar Simposium nasional Perhimpunan Rematologi Indonesia dengan tema “National Friendly Treatment on Musculoskeletal Disorders and Disorders And Autoimmune Rheumatism” di Sahid Rich Hotel Yogyakarta dan mendapatkan sertifikat bernilai 12 SKP.

26-28 Maret 2015 : Mengikuti seminar simposium nasional Medan Chest And Clinical Immunology (MCCI) 2015 dengan tema “respiratory and allergy immunologi diseases from basic science to advanced” di Tiara Convention Centre Medan.

01-02 Februari 2014 : Mendapat sertifikat pelatihan : Certified Practicioner Quantum Love Therapy

26 Oktober 2013 : Mendapat sertifikat dari Acara Seminar IPE “New Perspective In Dentistry” dan Seminar Scientific Dentistry “New Perspective In Dentistry” pada Dies Natalis PSMKGI XXIV

20 April 2013 : Mendapat sertifikat sebagai peserta dalam kegiatan “Diskusi Berdikari: Mencetak Jurnalis Muda”

26 Juli 2012 : Mendapat sertifikat sebagai peserta dalam kegiatan “Diskusi Berdikari: It’s a Wrap”

04 Agustus 2012 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Hypnosis Fundamental selama 1 hari dan mendapatkan gelar CH di belakang nama.

18-24 Juni 2012 : Mendapat piagam penghargaan dari Walikota Medan sebagai peserta acara Pekan Flori dan Flora Nasional Tahun 2012.

01 April 2012 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Super Emotional Freedom Technique (Super EFT) Batch VII) yang diadakan oleh PT. ABCo Sugesti Motivando

23 Juli 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Artikel Online Angkatan IV yang di adakan Writing Revolution

26 Juli 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Puisi Online Angkatan IV yang di adakan Writing Revolution

24 April 2011 : Mendapat sertifikat dari acara Bedah Buku Novel Pipiet Senja “Jurang Keadilan” di Ruang Pameran Taman Budaya Sumatera Utara

19 April 2011 : Pelantikan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Sumatera Utara Periode 1432 – 1435 H dan Pengajian Akbar 1000 Pengusaha Medan di Asrama Haji Aula Madinatul Hujjaj.

15 Juni 2011 : Seminar Nasional “Kritikus Sastra Indonesia Mutakhir” di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

05 Maret 2011 : Mendapat sertifikat dari seminar I’m Virgin I’m Happy di auditorium USU

26 Feb 2011 : Mendapat sertifikat dari workshop sastra dengan topik : Teknik Penulisan Fiksi dan Teknik Menembus Media Massa yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Anak Kampus (KOMPAK) dan Laboratorium Sastra Medan (Labsas)

23 Jan-23 Feb 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Cerpen Online Angkatan II yang di adakan Writing Revolution

14 November 2010 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Pribadi dan Pembicara Bercahaya

07 November 2010 : Mendapat sertifkat dari Pelatihan Mengajar Tahfizhul Qur’an For Kid dengan Metode FAHIM QUR’AN

18 Juli 2010 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Guru Kolosal & Nasional dengan Tema “The Smart of Memory System”

17 Juni-23 Agustus 2010 : Kursus Office Administrasi Perkantoran di Tricom

10 Agustus 2009 : Mendapat sertifikat dari seminar “It’s Time For Change International

Islamic Yout Seminar”

11 Juli 2009 : Mendapat sertifikat dari seminar “The Outstanding Invention of Biotechnology in Pharmaceutical Industry”

29 Maret 2009 : Mendapat sertifikat dari scholarship workshop “Scholarship Interview Strategies”

29 Maret 2009 : Mendapat sertifikat dari scholarship workshop “Writing Winning Scholarship Proposal”

30 Juni 2008 : Mendapat sertifikat dari pelatihan “Web Complete”

12-24Juni 2008 : Mendapat sertifikat dari seminar dan workshop “Brew Application Creative Summer with Mobile Applications”

5-9 mei 2008 : Mendapat sertifikat dari pelatihan “CDMA BSS” dari UI-Huawei Research & Training

28-30 April 2008 : Mendapat sertifikat dari seminar “Talkshow Entrepeneurship Membangun Wirausaha Muda Mandiri”

30 Desember 2006 : Mendapat sertifikat dari kursus “Autocad” di Dream Arch Medan

16 Desember 2006 : Mendapat sertifikat dari seminar “Video Editing dan 3D Max”

1 Desember 2005 : Mendapat sertifikat dari kursus PC Hardware Networking di WebMedia Training Center

2005 : Studi Ekskursi Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan di PT. Rubycon dan Indosat Batam.

17 Juli 2004 : Mendapat sertifikat dari seminar Update Technology ”Peran Teknologi GPRS dan EDGE Sebagai Media Komunikasi dan Informasi”

22 Oktober 2003 : Mendapat sertifikat dari seminar “Linux untuk Pendidikan”

5 Januari-5 Juni 2001: Kursus Percakapan Bahasa Inggris di Friendly International English

Course (FIEC)

4-7 Desember 2000 : Mengikuti Latihan TCTM XV dari SMU N 05 Medan

26-30 Mei 1999 : Mendapat sertifikat dari “Kwartir Cabang Kotamadya Medan Gerakan

Medan”

13 Juli 1996 : Mendapat piagam penghargaan “english speech” dari Dewan Pengurus

Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Prop.

Sumatera Utara.




Komunitas Blogger Medan

Aturan Mengutip Isi Blog

Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan menjaga amanah ilmiyyah & mencantumkan URL blog ini ya. Terima kasih ^_^.


Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. "khairun naasi anfa'uhum linnaas, sebaik-baik manusia adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain" (hadis dikutip Imam Suyuti dalam bukunya Al-Jami'ush Shagir)

Alhamdulillah jika bermanfaat isi blog ini buat semua sahabat.
Selamat Membaca!

Entri Populer