My Sweet Home

Gangguan Psikologi Pengaruhi PraMenstruasi dan Bagaimana Cara Pencegahannya?? (Bagian 2)

Assalamu'alaikum wr wb. Apa kabar sahabat ku semua. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Begitu juga evi. Puji syukur pada Ilahi Rabbi evi, masih diberi kekuatan semangat ingin menulis lagi dan bisa di share ke sahabat-sahabat dan solawat salam pada baginda Rasulullah saw.

Sahabat, kemarin kita udah membahas bahwa Pisang mengandung nutrisi yang sangat lengkap, terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin hingga beragam mineral. Setiap 100gram pisang mengandung 1,2 gram,lemak 0,2 gram, karbohidrat 22,8 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,6 mg, retinol 129 mcg, thiamine 0,04 mg, dan asam askorbat 10mg.

Jika ditinjau dari segi kesehatan, pisang dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seeprti menurunkan kolesterol darah, mengurangi asam lambung, mencegah sembelit dan mencegah anemia.
Kandungan asam triptophan yang diubah menjadi serotonin yang dapat mengatasi stress dan drepesi.
Kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat mengatur kadar glukosa dalam darah yang dapat mengubah mood.

Pisang juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pengiriman oksigen ke otak.
Asam folat yang terkandung sangat baik bagi perkembangan sistem saraf janin di dalam kandungan.
Kandungan gula sederhana di dalam pisang mampu menambah tenaga dan menghilangkan lelah.

Nah loh, apa hubungannya ya pisang dengan gangguan mestruasi hehehhe. Ada dung sahabat, karena ternyata pisang itu sebagai pencegahnya. Yuk.. kita menyimak selanjutnya bacaannya ini ^_^.

********************************************************

Apa itu Pramenstruasi?

Gangguan pramenstruasi (PMS/ Premenstrual Syndrome) merupakan kombinasi kompleks antara gejala-gejala psikologis dan perubahan somatis.

Gejala psikologi termasuk di dalamnya ketegangan, cepat marah, depresi, perasaan cemas, sensitif, dan kelesuhan. Perubahan somatis di antaranya seperti retensi cairan, nyeri payudara, sakit kepala, kenaikan berat badan, pembengakakan, pegal, nyeri otot, dan gangguan kulit (jerawat).

Hipotesis lain menyebutkan PMS disebabkan adanya perubahan hormonal, meningkatnya kadar estrogen dalam darah yang pada gilirannya menyebabkan munculnya gejala-gejala deperesi.
Meningkatkatnya kadar estrogen akan menggangu proses kimia tubuh termasuk vitamin B6. Vitamin ini dikenal sebagai vitamin antidepresan karena berfungsi mengontrol produksi serotonin yang penting dalam mengendalikan perasaan seseorang.

Vitamin B6 juga mempunyai peranan penting dalam metabolisme energi, metanolisme protein dan sintesis, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter.

Cara Pencegahannya :

Buah-buahan atau sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk gangguan pramenstruasi diantaranya avokad, pisang, mangga, melon, sawo, salak, terong belanda, semangka, semua sayuran hijau, bawang merah, bawang putih, sawi putih, taoge, wortel, paprika, ubi jalar merah, labu kuning dan cincau hijau.

Salah satu jus buah yang bisa dibuat diantaranya adalah, jus pisang mangga, karena evi suka pisang ^_^.

JUS PISANG MANGGA (1 porsi)


Bahan :
60 gram pisang, kupas dan potong-potong
150 gram mangga, potong-potong
100ml plain yogurt/yogurt tawar
1 sendok air jeruk lemon/tipis
2 potong es batu

cara Membuatnya :
1. Blender pisang, mangga, plain yogurt, air jeruk lemon, dan potongan es batu hingga lembut. Angkat.
2. Tuang dalam gelas saji. Hidangkan segera.

atau bisa juga yang lain ^_^ yaitu

JUS SMOOTHIE KACANG HIJAU (1 porsi)


Bahan :
150gram avocado, keruk daging buahnya
60 gram kacang hijau, rebus, dan tiriskan
100 ml plain yogurt/yogurt tawar
2 potong es batu

Cara membuatnya :
1. Masukkan avokad, kacang hijau, palin yogurt, dan potongan es batu kedalam tabung blender. Haluskan hingga lembut, lalu angkat
2.TUangkan ke dalam gelas saji. Hidangkan segera


Baca juga : Pisang dapat Sembuhkan AIDS (bagian 1)



*************************************************************************

Sahabat, hati-hatilah dengan masalah psikologi. Oleh sebab itu jagalah perasaan saudara/i kita, jangan kita pernah menyakiti perasaannya, mengkhianatinya ataupun berbuat sesuatu yang buruk alias jahat padanya. Sayangilah mereka, hargailah mereka, hormatilah mereka karena semua itu akan menciptakan ketenangan , kedamaian dan menciptakan silaturrahmi ukhuwah yang erat. Oh.. indahnya persahabatan yang terbentuk karena Ilahi karena Tiada rasa sakit hati, berbagai penyakit hati :(. Jadi teringat dulu hampir depresi, tapi alahmdulillah Allah sangat baik banget mendatangkan kepada evi banyak sahabat2 yang baik nan sholeh/h. Memberi evi semangat dan motivasi. Terimakasih semua sahabat-sahabatku.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda :

"Janganlah saling mendengki, saling menipu, saling membenci, saling memutuskan hubungan dan janganlah sebagian kamu menyerobot transaksi sebagian yang lain, jadilah kalian hamba-hamba Allahyang bersaudara. Seorang muslim itu saudara muslim yang lain, tidak boleh menzhaliminya, membiarkannya (tidak memberikan pertolongan kepadanya), mendustainya dan tidak boleh menghinakannya. Taqwa itu berada di sini, beliau menunjuk dadanya tiga kali. Cukuplah seorang (muslim) dianggap (melakukan) kejahatan karena melecehkan saudara muslimnya. Setiap muslim atas muslim lain haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya"
(HR. Muslim dan Ibnu Majah)


Semoga bermanfaat ya sahabat-sahabat evi atas apa yang evi tuliskan ini. Terimasih telah membaca note-note (catatan-catatan) evi. Karena tanpa pembaca, evi tak akan bisa semangat menulis. Do'a dari semua sahabat masih tetap evi mohonkan agar evi selalu kuat bertahan hidup di dunia yg fatamorgana ini untuk memperbaiki diri menjadi baik. Semoga kita terus bisa berbagi ilmu dan saling menasehati ya. Jazakumullah khoir

Wassalamu'alaikum wr wb,
~Evi A.~
Medan, 16 April 2010
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.