Senin, 12 April 2010

Kasih, Sayang & Cinta

Senin, 12 April 2010
Kasih, Sayang & Cinta


Sering kali orang menganggap kasih, sayang & cinta mempunyai pengertian yang sama. padahal ketiganya memiliki pengertian yang berbeda. namun tidak jarang orang justru tidak bisa menjelaskan walaupun kosa kata tersebut paling banyak diucapkan & menjadi penyebab larisnya suatu komoditas. lagu yang laris, lagu tentang cinta. buku laris, buku tentang cinta. filem laris, filem tentang cinta. jualan paling laris, jualan "cinta".

Kasih artinya memberi dengan tulus, tanpa pamrih, atruistic. tujuanpemberian tersebut hanyalah kegembiraan yang dikasihi. ketulusan ini menyebabkan sesuatu pemberian menjadi bernilai tak ternilai. kita butuh mengasihi karena dengan mengasihi kita menjadi orang yang sukses orang yang mampu memberikan sesuatu yang tak ternilai, sehingga kita menjadi orang yang tak ternilai. (baca Secangkir kopi yang bernilai "TAK TERNILAI', http://www.facebook.com/note.php?note_id=51921369276&id=1569850388&index=0 )

Hanya orang "kaya", yang bisa mengasihi, yaitu orang yang merasa memiliki kelebihan aset (harta, ilmu, waktu dll) sementara orang "miskin" tidak akan mengasihi, yaitu orang yang selalu merasa kekurangan aset, karena dengan mengasihi (memberi tanpa pamrih) ia akan merasa asetnya akan semakin berkurang.

Untuk dapat mengasihi seseorang kita harus harus tahu apa yang tidak dimiliki menjadi keinginan orang tersebut. kita hanya bisa memberi kepada seseorang yang mau mengakui bahwa ia memang tidak memiliki hal tersebut atau memiliki suatu kekurangan. kita tidak bisa memberi sesuatu kepada orang yang mempunyai kelebihan dalam hal tersebut dan juga kita tidak bisa memberi kepada seseorang yang sombonga, yaitu orang tidak mau mengakui bahwa ia memang tidak memiliki hal tersebut atau memiliki suatu kekurangan kekurangan.

Kita butuh dikasihi, karena tidak selamanya kita mampu "membeli" segala kebutuhan kita. ada saat-saat dimana kita tidak kemampuan untuk "membeli", seperti masa anak-anak, sakit, jobless, lanjut usia dll. selain itu menjadi kekasih seseorang berarti menjadi orang terpilih , menjadi orang yang bernilai tak ternilai.

Lalu apa bedanya dengan sayang ? sayang artinya tidak ingin orang yang disayangi susah, menderita, kesakitan, sedih dan sejenisnya.

Untuk dapat menyayangi kita harus tahu apakah sesuatu itu aman atau tidak akan mencederai seseorang yang akan kita sayangi tersebut.

Sayang yang paling rendah adalah tidak mencederai, apalagi ketika kita marah. sayang jenis ini dapat terhadap semua orang & sesama makhluk hidup.

Sayang yang paling tinggi adalah kita memberi dengan tulus perlindungan orang yang kita sayangi inilah yang disebut dengan kasih sayang. ketika kita memberi kita selalu meyakini sesuatu yang kita beri tidak akan mencederai orang kita sayangi tersebut.

lalu apa bedanya dengan cinta ?

Diantara orang dikasihi, ada orang-orang yang sangat istimewa. kita selalu ingin bersamanya, rindu dengannya, ada kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan jika bersamanya. adalah kasih ( dan sayang) ketika kita membantu seorang nenek yang tidak dikenal untuk menyeberang jalan namun tidak ada harapan untuk bertemu kembali dengan nenek tersebut. Berbeda dengan orang-orang istimewa itu, kita rindu untuk bertemu, kita gembira jika bersama dan kita berusaha untuk memberi nya apapun yang mereka minta, dan kita lakukan semua itu dengan segala ketulusan. Inilah Cinta, adanya rasa suka, rindu dan kasih. Mencintai : meridukan, menyukai & mengasihi. Dicintai : dirindukan, disukai & dikasihi. Kita butuh mencintai & dicintai.

dari : abangku dr. Untung Sentosa, MSi
blog comments powered by Disqus
 

About (Biodata Diri)

Profil Evi Andriani adalah
Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, berdiskusi, dan memberikan motivasi serta inspirasi bagi banyak orang.

Biodata :
Nama : Evi Andriani
Jenis Kelamin : Wanita
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 05 Oktober
Alamat : Jl. Selamat. No. 70 D. Kel. Sitirejo III, Kec. Medan Amplas. Simpang Limun, Medan 20219
Website : http://www.eviandrianimosy.blogspot.com dan http://www.tokoeviandriani.com
Email : evi_andriani55@yahoo.com
Twitter : @eviandri55
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Menikah

Pendidikan :


2010 - 2015: Pascasarjana Teknik Elektro USU dengan Konsentrasi Teknik Sistem Komputer
2007 - 2010: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia (Electrical Engineering)
2003 - 2006: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan
2000 - 2003: SMU Negeri 5 Medan
1997 - 2000: SMP Negeri 15 Medan
1991 - 1997: SD Negeri 060827 Medan
1990 – 1991: TK Nur Hasanah

Aktivitas 2015 ada di beberapa organisasi/grup :
- PMI Kota Medan
- FLP Sumut (Forum Lingkar Pena Sumatera Utara)
- IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis)
- Cinta Kupu (Komunitas Lupus Sumatera Utara)
- ITJ Medan
- ODOJ (One Day One Juz)
- Yayasan Lupus : YLI (Yayasan Lupus Indonesia), SDF (Syamsi Dhuha Foundation)
- Cermat (Cendoler Medan Top) dari Yayasan Mayoko-Aiko
- KEB (Komunitas Emak-emak Blogger)
- BlogM (Komunitas Blogger Medan)
- Winner Class (Kelas Menulis Pemenang oleh Ali Muakhir)

Karya Buku :
1). 25 buku antologi
2). 11 edisi buku Pariwisata dan Kebudayaan : Indonesia The Beauty of Asia
3). 2 buku solo

Prestasi seorang Evi Andriani :

Menang Audisi di bidang kepenulisan :
1.Memenangkan event “Leutika In Your Blog”
2.Memenangkan Lomba Resensi dan Foto Bareng Buku "Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang"
3.Memenangkan weeklynote Leutika tentang “Iklan rokok keren sih, tapi...”
4.Memenangkan event “Adu Jurus Lawan Setan”
5.Mendapatkan hadiah “Al-qur’an Azalia Syamil” karena blog terpilih.

Penghargaan :
1.Pada 11 Januari 2011, mendapat piagam penghargaan “Mari Menulis” dari Leutika Publisher sebagai Leutikan yang banyak mengajak masyarakat untuk cinta membaca dan menulis.
2.Pada 30 April 2012 mendapat piagam penghargaan dari Agensi Naskah Indiscript sebagai penulis.
3.Pada 16 Juni 2012 mendapat piagam penghargaan sebagai pembedah buku dalam rangka acara Workshop Menulis, Launching, dan Bedah Buku Ria Ristiana Dewi; Antologi Puisi Angin Kerinduan.
4.Pada tanggal 03 Maret 2013 mendapat piagam penghargaan sebagai pembicara Seminar Motivasi Pelajar “Bongkar Rahasia Sang Pemenang UN!” di aula BPPT Jl. Wahid Hasyim Medan.
5.Pada tanggal 12 Juni 2015 mendapat piagam penghargaan Idolanesia Award sebagai ITP Survivor dari KPPI (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Peliputan Profil / biografi :
1. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh DAAI TV pada tanggal 9 Februari 2013 pada acara Bingkai Kehidupan
2. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kartini pada Mei 2014
3. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kampus USU pada April 2015

Prestasi di bidang lainnya :
1.Juara 2 pidato bahasa Inggris pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 13 Juli 1996
2.Pada 26 Feb 2012, mendapat juara 2 dan sertifikat penghargaan sebagai “excellent performance in English Trivia Quiz” oleh LIA English Club Medan
3.Menjadi Warga Teladan Award Kampung WR (Writing Revolution) pada bulan Desember 2011-Januari 2012.
4.Sewaktu SD, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat sekolah
5.Sewaktu pramuka SMP, pernah mendapatkan juara 1 tarik tambang
6.Sewaktu SMA, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat PMR se-Sumatera Utara
7.Pernah dan selalu mendapatkan rangking 1 sampai tiga besar semasa sekolah SD, SMP dan SMA, juga masuk kelas unggulan di sekolah