My Sweet Home

MIMPI SANG NABI




MIMPI SANG NABI

WAHAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN JAGALAH DIRIMU DAN KELUARGAMU DARI API NERAKA YANG BAHAN BAKARNYA ADALAH MANUSIA DAN BATU-BATU . PANJAGANYA PARA MALAIKAT YANG KASAR, KERAS, TIDAK MENDUSTAI ALLAH TERHADAP APA YANG DIPERINTAHKAN-NYA PADA MEREKA DAN SELALU MENGERJAKAN APA YANG DIPERINTAHKAN. (Qs Al-tahrim :6)

Siapapun menginginkan terhindar dari siksa neraka .Karena neraka merupakan seburuk –buruk tempat dan sesakit-sakitnya dari apapun penderitaan. Jangankan orang yang baik penjahat sekalipun kalau ditanya ingin masuk kedalam surga atau neraka, dia akan menjawab dengan mantap :”SURGA ”

Ibnu Qoyyim Al jauzi meriwayatkan sebuah hadis dengan mata rantai perawinya adalah Abu Musa Al-Madini bersumber dari Al faraj bin Fudhalah dari Hilal Abu Jalabah dari Said bin Musyyab dari Abdurrahman bin Samurah , berkata :

“Pada suatu hari Rasulullah SAW mendatangi kami yang tengah berkumpul di Shuffah. Beliau berdiri di tengah-tengah kami dan bercerita tentang mimpinya :
“Semalam aku telah bermimpi SANGAT MENAKJUBKAN DAN LUAR BIASA.
Aku melihat seorang laki-laki dari umatku DIKELILINGI SYETAN-SYETAN . Tiba-tiba "ZIKRULLAH" (menyebut nama Allah SWT yang diucapkannya di dunia ) datang menolongnya dan mengusir syetan-syetan , menjauh darinya.

Aku melihat laki-laki dari umatku dikelilingi MALAIKAT AZAB . Kemudian datanglah "SHALAT " dan menyelamatkannya dari "SENTUHAN TANGAN MALAIKAT YANG HENDAK MENYIKSANYA" .

Ada juga laki-laki dari umatku MENJULUR-JULURKAN LIDAHNYA karena amat kehausan (tenggorokannya bagai kering terbakar). Setiap kali hendak mendekat ke telaga untuk minum , dihalangi, dan di hardik. Lalu datanglah "PUASA RAMADHAN " yang dikerjakannya, mengantarkan dia ketelaga, sehingga dia minum hingga merasa puas.

Aku melihat nabi-nabi tengah duduk membuat halaqah berbentuk sebuah lingkaran. Disaat itu ada seorang laki-laki dari umatku yang mendekati , MEREKA DI CEGAT DAN DIUSIR JAUH-JAUH. Tiba-tiba datang "MANDI DARI JANABATNYA "( mandi dari hadas besar) menuntun tangannya dan mendudukkannya disisiku.

Aku melihat laki-laki dari umatku " BERADA DALAM KEGELAPAN" . dari depan, belakang, samping kanan, samping kiri, atas, bawah dan seluruh penjurunya penuh kepekatan. Dia merasakan kepanikan, bingung dan limbung dalam gulita. Kemudian dia di datangi " HAJI DAN UMRAH " yang mengeluarkan dirinya dari jalan kegelapan menuju ke jalan yang terang benderang oleh cahaya.

Akupun melihat seorang laki-laki dari umatku yang "KETAKUTAN OLEH JILATAN dan KOBARAN API NERAKA" . Lalu "SEDEKAH" datang menawarkan jasa untuk melindunginya , sehingga sedekahnya menjadi TABIR/ BENTENG g antara dirinya dan api neraka. Bahkan sedekah juga menjadi lindungan kepalanya dari api yang berkobar.

Aku juga melihat orang-orang mukmin saling menyapa dan berbincang-bincang. Sementara ada seorang laki-laki dari umatku DIACUHKAN . Setiap dia hendak berbicara dengan yang lain , mereka menyingkir dan mengacuhkannya . Kemudian datang "SILATURRAHIMNYA " .Silaturahim berkata kepada orang-orang mukmin: "Wahai orang-orang mukmin , dia adalah saudaramu yang suka menjalin persaudaraan dengan silaturahim didunia. Ajaklah dia bicara dan bicaralah kepadanya ! Maka merekapun menyalami laki-laki tersebut dan berbicara terhadapnya. sehingga mereka saling menyalami dan berbincang-bincang bersama.

Aku juga melihat seorang laki-laki dari umatku sedang " DIKEPUNG OLEH KALAJENGKING" yang siap memangsanya. Lalu "AMAR MA'RUF" (memerintah orang berbuat baik ) datang menyingkirkan kalajengking-kalajengking yang mengelilinginya, sehingga dia selamat dari sengatannya.

Adapula seorang laki-laki dari umatku yang TERTUTUP TABIR ANTARA DIA DAN ALLAH SWT, sehingga tak dapat berjumpa. Kemudian datang "AKHLAKUL KARIMAH " ( budi pekerti yang luhur ) sehingga diraihlah tangannya oleh Allah dan dituntun-Nya dibawa kesisinya

Dalam mimpi tersebut juga kulihat seorang laki-laki dari umatku yang SHAHIFAH (buku catatan amalnya akan diberikan lewat tangan kiri) . Tiba-tiba datang "RASA KHAUF" (takwa/takutnya) kepada Allah SWT., yang memberikan shahifah itu dari tangan kanannya.

Aku melihat dalam mimpiku seorang laki-laki dari umatku yang berada di belakang TIMBANGAN ( MIZANNYA) . Lalu datang "ANAK-ANAKNYA YANG MENINGGAL PADA WAKTU MEREKA KECIL " dan memindahkan timbangan tersebut.

Aku melihat seorang laki-laki dari umatku berada DITEPI JURANG JAHANNAM . Dia didatangi "RAJA ' " ( Pengharapan kepada Allah SWT) yang membawanya menyingkir dari tempat itu sehingga diapun selamat.

Aku juga melihat seorang laki-laki dari umatku yang SUDAH MENDEKAM DIDALAM NERAKA . Lalu datang padanya "SEDU SEDAN TANGISNYA " yang dia teteskan karena takut kepada Allah SWT . Diapun diangkat dan selamat dari neraka.

Disana (dalam mimpi ) aku melihat seorang laki-laki dari umatku tengah GEMETAR KETAKUTAN DI ATAS SHIRATAL MUSTAQIIM. Tidak lebih seperti halnya pelepah daun kering yang digoyang-goyang oleh angin. Kemudian dia didatangi "HUSNUDZAN " ( baik sangkanya kepada Allah SWT). Diapun menjadi tenang dan mantap sehingga dapat menyeberangi shirat dengan selamat.

Aku juga melihat seorang laki-laki dari umatku "MERANGKAK-RANGKAK SERTA MERAYAP DIATAS SHIRAT" . Bahkan terkadang diapun TERGELANTUNG . Pada saat-saat genting tersebut dia didatangi "SHALAT" , sehingga dia berdiri kokoh dan tegak berpijak diatas shirat dan melewatinya.

Terakhir aku melihat seorang laki-laki dari umatku BERHENTI DAN MEMATUNG DIDEPAN PINTU SURGA . Seluruh pintu-pintu surga tertutup rapat. Diapun kebingungan dan termangu. Kemudian datang kepadanya "DUA KALIMAT SYAHADAT " sehingga semua pintu surga terbuka baginya. Akhirnya dia masuk kedalam surga itu.

( KH.Drs. Syaikh Misbahul Anam, Mt. "menjaga Cinta dan Ridha Allah yang Abadi")
*EZ/30/06/09*

(dari sahabatku bulan cahaya)
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.