My Sweet Home

6 (enam) CARA MEMAAFKAN DIRI SENDIRI...


Di dalam kehidupan ini setiap manusia pasti pernah mengalami rasa bersalah dan tidak bisa memaafkan diri sendiri..??!! Ada rasa penyesalan yang berkepanjangan sehingga rasa bersalah itu menjadi beban pikiran dan manusia tidak bisa menerima atas perbuatan kesalahan tersebut. Pada kenyataannya memaafkan diri sendiri menjadi sebuah masalah untuk sebagian besar manusia. Manusia seringkali berbuat salah adalah hal yang lumrah terjadi. bahkan Nabi adam sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun permasalahannya adalah ketika kesalahan yang dibuat tersebut begitu besar, manusia seringkali mengalami kesulitan untuk memaafkan diri sendiri dan terus terbenam di dalam dirinya menjadi sebuah penyesalan...

Saya sendiri pernah mengalami penyesalan yang begitu besar dalam hidup ini. Saya pernah mengabaikan sahabat terbaik saya karena kesibukan saya. Suatu hari sahabat setia saya mengalami kecelakaan dan di rawat di rumah sakit. Saya mendapat kabar bahwa hanya kakinya yang cedera, sehingga saya menganggap hal tersebut tidak terlalu berbahaya. Tidak seorangpun yang mengetahui bahwa dalam usianya yang masih muda teman saya menderita diabetes mellitus. Sehingga lukanya yang ringan mengalami pembusukan sampai daerah paha mendekati perut. Menurut dokter kakinya harus diamputasi tapi dia menolak. Pada akhirnya teman saya meninggal dunia.... Saya menyesal karena belum mampu menjadi sahabat yang baik, dia harus pergi sebelum saya sempat menjenguknya, karena kebetulan saat itu sedang sibuk menghadapi ujian akhir SMA.

Saat itu saya sempat tidak menerima diri sendiri. Penyesalan selalu datang belakangan. Kesalahan yang sulit diterima oleh diri sendiri. Namun saya sadar, menyalahkan diri sendiri tiada gunanya. Saya tahu Tuhan maha Pengampun. Saya harus bisa memaafkan diri sendiri, mengambil hikmahnya dan melangkah ke depan.


Berikut ini beberapa cara Agar Anda bisa memaafkan diri sendiri

1. AKUI DAN IKHLASKAN...

Akui kesalahan yang Anda buat. Sadari bahwa hal tersebut memang seharusnya tidak Anda lakukan. terimalah semua itu dan ikhlaskan. Kembalikan semua itu kepada Yang Maha Agung.

2. MEMBUKA DIRI....
Bukalah hati dan pikiran Anda. Janganlah menghakimi diri, bahwa Anda selalu salah atau penuh kelemahan. Ingat masih ada potensi yang Anda miliki. Gali kembali potensi dan keluarkan semua.

3. Yang Anda miliki adalah SEKARANG
Masa lalu tidak dapat Anda ubah. Kesalahan apapun yang Anda lakukan, Anda tidak bisa kembali lagi ke masa itu dan mengubahnya. Yang Anda milki adalah sekarang. Fokuslah pada apa yang Anda miliki sekarang. Fokuslah pada apa yang bisa Anda lakukan SEKARANG

4. AMBIL HIKMAHNYA
Ambil pelajaran dari apa yang sudah Anda lakukan. kesalahan yang Anda lakukan adalah pelajaran berharga. Jangan sampai Anda melakukannya lagi. Coba gali mengapa Anda bisa melakukannya. Ambil hikmah dari kejadian tersebut. Bayangkan bila situasi tersebut kembali terjadi. Apa yang Anda lakukan agar Anda tidak mengulang kesalahan yang sama. Buat perencanaan. Dan pastikan Anda sekarang melangkah dengan benar.

5. Coba bicarakan dengan sahabat, keluarga atau professional
Coba bicarakan dengan orang dapat Anda percaya. Salah satu faktor kesalahan yang sering kita buat adalah kurangnya informasi yang kita dapat. Saat kita mencoba menceritakan sesuatu dengan sesorang, Orang tersebut mungkin mempunyai pandangan yang berbeda. hal ini akan membantu kita menghadapi tantangan kedepannya. Dan bisa jadi menjadi solusi atas permasalahan yang ada

6. Mencoba “tantangan” baru
Saat kita belum bisa memaafkan diri, kita akan sulit mencoba hal baru. Jika Anda melakukan kesalahan dalam menjalin hubungan, maka Anda akan kesulitan untuk melakukan hubungan baru. Namun bila Anda sudah mulai memaafkan diri Anda. Anda harus berani untuk mencoba hal baru. Jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan lagi. YAKINLAH bahwa Anda BISA!!

(dari : Bundaku drg.Nina, Spesialias Patogen)
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.