Senin, 05 Juli 2010

Seri Kajian Akhlak: IKHLAS

Senin, 05 Juli 2010
Pengantar

Sesungguhnya akhlak terpuji tidak sebatas pemaknaan kebaikan dzahiriyah perilaku. Kerja itu meliputi hati, juga dikontrol oleh Iman. Berkaitan dengan keimanan ini, Syeikh Abdul Qadir al-Jailaniy merumuskan aturan; siapa saja yang hendak masuk Madrasah al-Qdiriyah – Madrasah Tarbiyah Ruhiyah yang didirikannya – pertama-tama yang menjadi titik tekan adalah Tauhid yang benar [Fathu Rabbaniy, hlm. 206].

Syeikh al-Jilaniy dalam tarbiyahnya menekankan dua hal penting; Tauhid dan Tasawwuf. Perpaduan dua elemen mendasar ini akan mengontrol baik tidaknya perilaku seorang muslim. “Agar seorang muslim berakhlak dengan akhlak terpuji, maka akidahnya harus terbebas dari penyimpangan!”, pesan Syeikh al-Jailaniy dalam salah satu pidatonya.

Konsep akhlak dalam Islam terbungkus dalam bingkai keyakinan yang benar. Karena, akidah, layaknya Worldview akan mengontrol aktifitas manusia. Syekh Atif al-Zayn mengatakan bahwa akidah fikriyah adalah sistem kepercayaan rasional yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, dengan dirinya dan dengan orang lain [al-Islam wa Idulujiyyah al-Insan, hlm. 13]. Syeikh al-Jailany membagi akhlak menjadi dua; Akhlak kepada Allah – dengan menjauhi larangan, melaksanakn perintah -, dan Akhlak kepada makhluk. Akhlak kepada makhluk adalah turunan dari jenis akhlak yang pertama tadi [al-Ghunyah li Thalibi Thariqil Haq, hlm.192-193).

Jadi, perilaku baik dalam konsep Islam tidak mungkin dipisah dengan konsep keyakinan dasar kepada Sang Khalik. Lantas, apa landasan seorang non-muslim beramal baik? Al-Qur’an telah memberi jawaban “Dan orang-orang kafir perbuatan (amal) mereka laksana fatamorgana di tanah yang datar yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu maka ia tidak mendapatkan sesuatu apapun” (QS. Al-Nur: 39).

Lahiriahnya berbuat baik, akan tetapi karena tidak berdimensi tauhid, amalan mereka bukanlah kategori amal shalih. Mereka tak akan mendapat apresiasi apapun dari Allah SWT, karena syarat diterimanya amal adalah, kebersihan akidah. Yang membedakan adalah dalam hati non-muslim tidak ada konsep ikhlas. Ikhlas dalam konsepnya sekedar tulus karena kemanusiaan. Berarti sebaik apapun yang kita lihat, mereka belum bisa dikatakan ikhlas. Kita boleh memberi apresiasi terhdap mereka, namun tetap, apresisasi kita masih terbatas pada dimensi duniawi.

Itulah mengapa, seorang muslim yang beramal dengan riya’ dimasukkan kategori syirik kecil, sebab memasukkan yang lain dalam kalbunya yang mesti hanya terisi karena Allah SWT. So…jika akhlak kita masih tercela, maka berarti ada ketidaksempurnaan dalam konsep akidah kepercayaan kita kepada Allah SWT. Mengenal Allah (ma’rifatullah) berarti paham tanggung jawab dirinya kepada Allah, dirinya dan kepada manusia lainnya.

IKHLAS
Ikhlas adalah meng-esakan Allah SWT dalam ibadah, ketaatan dan perbuatan baik lainnya tanpa tendensi yang lain, berbuat-buat karena makhluk, atau ingin mendapat pujian orang lain. Ikhlas merupakan kunci utama dalam beramal. Imam Yusuf bin al-Husein berkomentar; “Sesuatu yang paling mulya di dunia adalah IKHLAS”.

Oleh karena itu, kedudukan seorang mukhlis cukup mulya di sisi Allah. Menurut Syeikh Makhuul, seseorang yang ikhlas beramal dengan sebenar-benar ikhlas selama empat puluh hari, maka biasanya ia akan diberi anugerah hikmah di hati dan lisannya.

Seorang ulama suatu saat menasihati muridnya yang akan mensedekahkan secuil hartanya untuk masjid. Sang Guru berpesan, “Serahkan dirhammu kepada masjid, tapi saya akan umumkan bahwa si fulan – orang lain – yang beramal bukan kamu”. Orang itu mengusulkan, “Bagaiman kalau tidak perlu disebut, baik nama saya atau si fulan itu?” “Simpan saja hartamau, karena kamu tidak ikhlas!” komentar sang Guru. Masya Allah…Memang betapa halus setan menggoda hati agar kita salah dalam beramal. Dalam benak kita mungkin kadang-kadang berpikir kita sudah ikhlas, tapi hakikatnya belum tulus. Bagaimana bila hal ini baru kita ketahui ketika persidangan di hadapan Allah kelak??? Sungguh merupakan kerugian besar!

Maka, sering kali kita dapati seorang yang ketika berbicara, selalu yang keluar kata-kata bijak, bernas dan solutif. Itulah orang yang ikhlas, perilakunya teduh, kata-katanya sopan bijak, takut dipuji, tidak menonjolkan diri. Saat diminta nasihat selalu kata-katanya indah plus ayat-ayat al-Qur’an dan hadis.
Agama yang kokoh, tidak tegak kecuali dengan pondasi Ikhlas. "Dan mereka tidaklah diperintahkan selain agar menyembah Allah semata dengan ikhlas hati dan menjalankan agama dengan benar. Mengerjakan shalat dan menunaikan zakat. Itulah agama yang kokoh (tegak)." (QS. Al−Bayyinah: 6). Kehancuran keberagamaan seseorang itu seiring lenyapnya keikhlasan dalam hatinya. Betapa, dalam kisah-kisah para ulama dahulu selalu menggambarkan orang yang riya’ terperangkap ke dalam kelompok-kelompok yang tidak benar.

Penghancur agama itu sebenarnya bernama riya, pemersatu umat penguat agama itu adalah ikhlas. Demikian kira-kira salah satu kesimpulan dari inti nasihat-nasihat Imam al-Ghazali dan Imam al-Jailaniy.
Oleh sebab itulah, baik Imam al-Ghazali dan Imam al-Jailaniy berupaya memperbaiki kondisi masyarakat Islam dengan mengobati hatinya. Penyakit yang cukup kronis menurut beliau adalah ketiadaan ikhlas dalam berjuang. Al- Jinaliny bahkan cukup tegas, menurutnya orang yang berjuang hanya karena ingin disebut pejuang sejati, dan orang yang berjuang demi kemulyaan jamaahnya adalah seorang dajjal yang menghancurkan ukhuwah Islamiyah.

Jadi, kerusakan hati yang disebabkan oleh ketiadaan ikhlas, berdampak pada tiga hal; Penyumbang retaknya persatuan, amalnya sia-sia tidak mendapat balasan sebaliknya mendapat siksa, dan orang lain akan menjauhi model orang yang tidak terpuji ini. Kita bisa menangkap, bahwa ukhuwah Islamiyah terbangun atas pondasi keikhlasan berjuang. Sebaik apapun tingkat intelektualitas kita, jika hati terkotak-kotak dan terbungkus akhlak tercela tak akan terwujud persatuan dan kekuatan itu.
Mudah-mudahan Allah SWT selalu membimbing kita. Semoga apa yang telah kita berbuat bukan karena apa-apa tapi karena Allah, dan apa yang telah diputuskan Allah semuanya dapat kita terima dengan tulus. "Allah tidak menerima amal, kecuali yang dikerjakan dengan ikhlas karena Dia semata, dan dimaksudkan untuk mencari ridlo-Nya” ( HR. Ibnu Majah ).Wallahu A’lam bisshawab.

Kampung Perdamaian, 2 Juli 2010 by: Kholili Hasib

(dari : sahabatku Kholili Hasib)
blog comments powered by Disqus
 

About (Biodata Diri)

Profil Evi Andriani adalah
Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, berdiskusi, dan memberikan motivasi serta inspirasi bagi banyak orang.

Biodata :
Nama : Evi Andriani
Jenis Kelamin : Wanita
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 05 Oktober
Alamat : Jl. Selamat. No. 70. Medan Amplas. Medan 20219
Website : http://www.eviandrianimosy.blogspot.com dan http://www.tokoeviandriani.com
Email : evi_andriani55@yahoo.com
Twitter : @eviandri55
FB : https://www.facebook.com/eviandriani55
Line : eviandriani
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Menikah

Pendidikan :


2010 - 2015: Pascasarjana Teknik Elektro USU dengan Konsentrasi Teknik Sistem Komputer
2007 - 2010: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia (Electrical Engineering)
2003 - 2006: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan
2000 - 2003: SMU Negeri 5 Medan
1997 - 2000: SMP Negeri 15 Medan
1991 - 1997: SD Negeri 060827 Medan
1990 – 1991: TK Nur Hasanah

Aktivitas 2015 ada di beberapa organisasi/grup :
- PMI Kota Medan
- FLP Sumut (Forum Lingkar Pena Sumatera Utara)
- IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis)
- Cinta Kupu (Komunitas Lupus Sumatera Utara)
- ITJ Medan
- ODOJ (One Day One Juz)
- Yayasan Lupus : YLI (Yayasan Lupus Indonesia), SDF (Syamsi Dhuha Foundation)
- Cermat (Cendoler Medan Top) dari Yayasan Mayoko-Aiko
- KEB (Komunitas Emak-emak Blogger)
- BlogM (Komunitas Blogger Medan)
- Winner Class (Kelas Menulis Pemenang oleh Ali Muakhir)

Karya Buku :
1). 25 buku antologi
2). 11 edisi buku Pariwisata dan Kebudayaan : Indonesia The Beauty of Asia
3). 2 buku solo

Prestasi seorang Evi Andriani :

Menang Audisi di bidang kepenulisan :
1.Memenangkan event “Leutika In Your Blog”
2.Memenangkan Lomba Resensi dan Foto Bareng Buku "Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang"
3.Memenangkan weeklynote Leutika tentang “Iklan rokok keren sih, tapi...”
4.Memenangkan event “Adu Jurus Lawan Setan”
5.Mendapatkan hadiah “Al-qur’an Azalia Syamil” karena blog terpilih.

Penghargaan :
1.Pada 11 Januari 2011, mendapat piagam penghargaan “Mari Menulis” dari Leutika Publisher sebagai Leutikan yang banyak mengajak masyarakat untuk cinta membaca dan menulis.
2.Pada 30 April 2012 mendapat piagam penghargaan dari Agensi Naskah Indiscript sebagai penulis.
3.Pada 16 Juni 2012 mendapat piagam penghargaan sebagai pembedah buku dalam rangka acara Workshop Menulis, Launching, dan Bedah Buku Ria Ristiana Dewi; Antologi Puisi Angin Kerinduan.
4.Pada tanggal 03 Maret 2013 mendapat piagam penghargaan sebagai pembicara Seminar Motivasi Pelajar “Bongkar Rahasia Sang Pemenang UN!” di aula BPPT Jl. Wahid Hasyim Medan.
5.Pada tanggal 12 Juni 2015 mendapat piagam penghargaan Idolanesia Award sebagai ITP Survivor dari KPPI (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Peliputan Profil / biografi :
1. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh DAAI TV pada tanggal 9 Februari 2013 pada acara Bingkai Kehidupan
2. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kartini pada Mei 2014
3. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kampus USU pada April 2015

Prestasi di bidang lainnya :
1.Juara 2 pidato bahasa Inggris pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 13 Juli 1996
2.Pada 26 Feb 2012, mendapat juara 2 dan sertifikat penghargaan sebagai “excellent performance in English Trivia Quiz” oleh LIA English Club Medan
3.Menjadi Warga Teladan Award Kampung WR (Writing Revolution) pada bulan Desember 2011-Januari 2012.
4.Sewaktu SD, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat sekolah
5.Sewaktu pramuka SMP, pernah mendapatkan juara 1 tarik tambang
6.Sewaktu SMA, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat PMR se-Sumatera Utara
7.Pernah dan selalu mendapatkan rangking 1 sampai tiga besar semasa sekolah SD, SMP dan SMA, juga masuk kelas unggulan di sekolah

Seminar / Pelatihan :

25-26 April 2015 : Mengikuti seminar Simposium nasional Perhimpunan Rematologi Indonesia dengan tema “National Friendly Treatment on Musculoskeletal Disorders and Disorders And Autoimmune Rheumatism” di Sahid Rich Hotel Yogyakarta dan mendapatkan sertifikat bernilai 12 SKP.

26-28 Maret 2015 : Mengikuti seminar simposium nasional Medan Chest And Clinical Immunology (MCCI) 2015 dengan tema “respiratory and allergy immunologi diseases from basic science to advanced” di Tiara Convention Centre Medan.

01-02 Februari 2014 : Mendapat sertifikat pelatihan : Certified Practicioner Quantum Love Therapy

26 Oktober 2013 : Mendapat sertifikat dari Acara Seminar IPE “New Perspective In Dentistry” dan Seminar Scientific Dentistry “New Perspective In Dentistry” pada Dies Natalis PSMKGI XXIV

20 April 2013 : Mendapat sertifikat sebagai peserta dalam kegiatan “Diskusi Berdikari: Mencetak Jurnalis Muda”

26 Juli 2012 : Mendapat sertifikat sebagai peserta dalam kegiatan “Diskusi Berdikari: It’s a Wrap”

04 Agustus 2012 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Hypnosis Fundamental selama 1 hari dan mendapatkan gelar CH di belakang nama.

18-24 Juni 2012 : Mendapat piagam penghargaan dari Walikota Medan sebagai peserta acara Pekan Flori dan Flora Nasional Tahun 2012.

01 April 2012 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Super Emotional Freedom Technique (Super EFT) Batch VII) yang diadakan oleh PT. ABCo Sugesti Motivando

23 Juli 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Artikel Online Angkatan IV yang di adakan Writing Revolution

26 Juli 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Puisi Online Angkatan IV yang di adakan Writing Revolution

24 April 2011 : Mendapat sertifikat dari acara Bedah Buku Novel Pipiet Senja “Jurang Keadilan” di Ruang Pameran Taman Budaya Sumatera Utara

19 April 2011 : Pelantikan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Sumatera Utara Periode 1432 – 1435 H dan Pengajian Akbar 1000 Pengusaha Medan di Asrama Haji Aula Madinatul Hujjaj.

15 Juni 2011 : Seminar Nasional “Kritikus Sastra Indonesia Mutakhir” di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

05 Maret 2011 : Mendapat sertifikat dari seminar I’m Virgin I’m Happy di auditorium USU

26 Feb 2011 : Mendapat sertifikat dari workshop sastra dengan topik : Teknik Penulisan Fiksi dan Teknik Menembus Media Massa yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Anak Kampus (KOMPAK) dan Laboratorium Sastra Medan (Labsas)

23 Jan-23 Feb 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Cerpen Online Angkatan II yang di adakan Writing Revolution

14 November 2010 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Pribadi dan Pembicara Bercahaya

07 November 2010 : Mendapat sertifkat dari Pelatihan Mengajar Tahfizhul Qur’an For Kid dengan Metode FAHIM QUR’AN

18 Juli 2010 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Guru Kolosal & Nasional dengan Tema “The Smart of Memory System”

17 Juni-23 Agustus 2010 : Kursus Office Administrasi Perkantoran di Tricom

10 Agustus 2009 : Mendapat sertifikat dari seminar “It’s Time For Change International

Islamic Yout Seminar”

11 Juli 2009 : Mendapat sertifikat dari seminar “The Outstanding Invention of Biotechnology in Pharmaceutical Industry”

29 Maret 2009 : Mendapat sertifikat dari scholarship workshop “Scholarship Interview Strategies”

29 Maret 2009 : Mendapat sertifikat dari scholarship workshop “Writing Winning Scholarship Proposal”

30 Juni 2008 : Mendapat sertifikat dari pelatihan “Web Complete”

12-24Juni 2008 : Mendapat sertifikat dari seminar dan workshop “Brew Application Creative Summer with Mobile Applications”

5-9 mei 2008 : Mendapat sertifikat dari pelatihan “CDMA BSS” dari UI-Huawei Research & Training

28-30 April 2008 : Mendapat sertifikat dari seminar “Talkshow Entrepeneurship Membangun Wirausaha Muda Mandiri”

30 Desember 2006 : Mendapat sertifikat dari kursus “Autocad” di Dream Arch Medan

16 Desember 2006 : Mendapat sertifikat dari seminar “Video Editing dan 3D Max”

1 Desember 2005 : Mendapat sertifikat dari kursus PC Hardware Networking di WebMedia Training Center

2005 : Studi Ekskursi Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan di PT. Rubycon dan Indosat Batam.

17 Juli 2004 : Mendapat sertifikat dari seminar Update Technology ”Peran Teknologi GPRS dan EDGE Sebagai Media Komunikasi dan Informasi”

22 Oktober 2003 : Mendapat sertifikat dari seminar “Linux untuk Pendidikan”

5 Januari-5 Juni 2001: Kursus Percakapan Bahasa Inggris di Friendly International English

Course (FIEC)

4-7 Desember 2000 : Mengikuti Latihan TCTM XV dari SMU N 05 Medan

26-30 Mei 1999 : Mendapat sertifikat dari “Kwartir Cabang Kotamadya Medan Gerakan

Medan”

13 Juli 1996 : Mendapat piagam penghargaan “english speech” dari Dewan Pengurus

Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Prop.

Sumatera Utara.




Komunitas Blogger Medan

Aturan Mengutip Isi Blog

Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan menjaga amanah ilmiyyah & mencantumkan URL blog ini ya. Terima kasih ^_^.


Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. "khairun naasi anfa'uhum linnaas, sebaik-baik manusia adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain" (hadis dikutip Imam Suyuti dalam bukunya Al-Jami'ush Shagir)

Alhamdulillah jika bermanfaat isi blog ini buat semua sahabat.
Selamat Membaca!

Entri Populer