My Sweet Home

CARA MENULIS NOVEL

CARA MENULIS NOVEL
by Taufiqurrahman Al-Azizy


Bismihi Ta'ala.

Mudah2an notes ini bermanfaat buat sahabat2 yang hobi menulis fiksi (novel), dan sekaligus jawaban terhadap soal kiat2 menulis novel. Notes ini sangat subyektif (hanya berdasarkan pengalaman Taa sebagai penulis). Mudah-mudahan membantu.

Ada dua bagian yang harus diketahui bila anda hendak menulis novel:

1. Sebelum menuliskan novel
2. Saat menuliskan novel.

Kiatnya sbb:

1. Sebelum anda duduk di hadapan komputer, memegang pena, dan menuliskan ide cerita, ANDA HARUS SUDAH MENGETAHUI cerita novel yang hendak anda tulis. Minimal, anda harus sudah tahu awal, pertengahan, dan akhir dari kisah yang hendak anda tulis. Ini sangat penting, agar anda tak kehilangan ide saat menuliskannya nanti, dan agar cerita anda tidak nyasar2 ke sana ke mari.

2. Anda bisa memulai dengan memperkenalkan tokoh, atau menggambarkan suasana cerita anda.

3. Kalimat pertama sangat penting. Karena itu, buatlah 3,4, atau 5 kalimat pertama novel anda. Lalu, pilih, mana kalimat yang terbaik menurut anda.

4. Menulis novel itu curahan hati, maka anda tak perlu mengikuti gaya tulisan siapa pun, kecuali mengikuti curahan hati anda sendiri. Memakai tokoh pertama (aku), sangat baik, walau ada kelemahannya.

5. Buat rencana bab. Dan ini hanya rencana. Pada pelaksanaannya nanti (ketika menulis), bab2 itu bisa berubah. Setiap bab berisi dari lanjutan bab sebelumnya. Misal, bab pertama berisi tentang masalah yang sedang dihadapi sang tokoh. Maka, di bab ke-2, sang tokoh mulai berusaha mengatasi masalah yang dialaminya. Begitu seterusnya.

6. Sebelum anda berhenti menulis (karena capek, lelah, atau ingin melanjutkan lain hari), anda harus sudah tahu cerita apa selanjutnya yang hendak anda tulis. Ini sangat penting untuk menjaga kesinambungan ide dan gagasan anda.

7. Gaya tulisan: Anda bisa memilih gaya populer-praktis, atau gaya sastra-romantis.

8. Selamat mencoba...

****
author

a wife, a mom, a blogger, a survivor of ITP & Lupus, a writer, author, a counselor of ITP & Lupus autoimmune, a mompreuneur, a motivator, a lecturer.