Minggu, 22 Agustus 2010

Allah Selalu Mengawasi Kita

Minggu, 22 Agustus 2010

Assalamu'alaikum warahmatullahwabarakatuh.

Alhamdulillah sekarang kita sudah memasuki Ramadhan ke-12. Bagaimana dengan amal ibadah kita sahabat-sahabatku semua? Semoga semakin lebih baik dari hari ke hari dan semoga tidak hanya dibulan Ramdhan aja kita giat beribadah dan beramal tapi di bulan yang lainnyajuga semakin meningkatkan kualitas iman. Amin ya rabbal'alamin. Karena tak bosan-bosannya, hadis Rasulullah ini menjadi motivasi bagi saya untuk semangat menjadi lebih baik :


"Barangsiapa yang hari ini lebih baik dibandingkan yang terdahulu, maka dia termasuk orang yang sukses. Barang siapa yang hari ini sama seperti yang terdahulu, maka dia termasuk orang yang tertipu. Barang siapa yang hari ini lebih buruk dibandingkan yang terdahulu, maka dia termasuk orang-orang yang merugi dihadapan Allah swt"


Semoga sahabatku dimana pun berada juga terus memotivasi diri untuk berbuat yang terbaik terutama untuk bekal pada hari akhirat yang kekal.


Hari ini ingin kuberbagi catatan kepada semua sahabat mengenai Allah selalu mengawasi kita dalam setiap desir nafas kita, setiap waktu kita dan setiap langkah kita. Sungguh merugi kita, apabila waktu yang panjang ini kita sia-siakan. Bisa jadi esok adalah hari terakhir kita hidup di dunia ini.


Fenomena menyedihkan sering terjadi, disaat kesepian melanda, kegagalan tercipta,berbagai keluhan-keluhan terjadi, cobaan dan musibah berdatangan, iman menurunbahkan sampai nafsu berhasil menggoda kita untuk berbuat maksiat. Na'udzubillahi mindzalik.

Astagfirullah.. Astagfirullah..Astagfirullah..


Maksiat adalah karat yang melekat di hati. Jika tidak dibersihkan dengan istighfar dan bertaubat, maka lambat laun hati kita akan tertutup oleh karat tersebut sehingga ia menjadi gelap, buta terhadap hidayah dan berbagai kebaikan.

Rasulullah bersabda :


"Sesungguhnya seorang hamba apabila melakukan kesalahan, maka ada titik hitam di hatinya, jika dia mencabutnya, istighfar, dan bertaubat maka bersihlah hatinya, tapi jika dia mengulanginya, maka bertambahlah titik hitam itu hingga menutupi hatinya, itulah rona yangdisebutkan oleh Allah, "Sekali kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka". (HR. Tirmidziy, No. 3257.beliau mengatakan hadis hasan shahih)."


Jikalau kita melihat hadis diatas, sungguh besar sahabatku pengaruh dari dosa dan maksiat itu, maka tiada lain untuk mencegah hal tersebut terjadi kembali adalah merasakan pengawasan Allah. Muraqabatullah (merasakan pengawasan Alllah) adalahsebuah benteng yang kokoh yang dapat menyadarkan kita bahwa segala sesuatu yangkita lakukan, yang kita ucapkan, baik atau buruknya, disaat sendiri ataupundalam khayalak ramai, Allah selalu mengawasi kita. Dengan demikian, tidak adatempat dan kesempatan bagi kita untuk berbuat dosa apalagi maksiat.


"Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka lakukan dengan terang-terangan?" (QS. al-baqarah [2] :77)


"Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak dapat bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka." (QS. an-Nisa [4]:108)

Oleh sebab itu sahabatku yang dicintai Allah, jagalah mata, pikiran dan pandangan hati kita, sehingga ruhiyah dan pikiran kita menjadi baik. Akan tetapi, jika tidak kita jaga maka akan banyak membuat luka dan maksiat. Perisai satu-satunya adalah merasakan pengawasan Allah, karena kita akan mengetahui hukuman-Nya sangatlah berat jika kita berbuat salah, siksa dari-Nya tiada tara berat-Nya. Apalagi di hari akhir kelak. Saat ini diri kita sendiri bertanggungjawab atas apa yang kita lakukan, maka mulailah dari sekarang melakukan perbaikan diri sendiri, setelah itu nasehati temanmu agar berbuat yang sama. Setiap gerak gerik kita selalu dicatat oleh malaikat. Tidakkah kita merasa takut sahabatku, catatan itu akan tertulis secara detail didalam kitab yang tidak mungkin tercecer. Malaikat tidak akan berpisah dari kita. Sungguh beruntung apabila lembaran amalan kebaikan memperberat timbangan kita.


"(Yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk de sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri" (QS. Qaf [50] : 17)


Jika kuingat dosa-dosaku yang lalu, tiada hentinya airmata ini mengalir. Betapa malunya seorang insan kepada Allah dengan dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Begitu banyak nikmat yang diberikan-Nya tapi dimanakah rasa syukur kita? Allah Maha Mengetahui setiap yang tersembunyi ataupun yang terang-terangan dari setiap perbuatan atau ucapan kita. dan malaikat menjadi saksi. Yang ada hanyalah rasa putus asa,keluhan-keluhan yang tidak berarti. Sungguh hina hambamu ini ya Rabb. Hamba memohon ampunan-Mu ya Ghoffur.
Untuk itulah Ibnu Atta berkata, "Sebaik-baik ketaatan adalah muraqabatullah, merasa diawasi Allah disetiap waktu."

Sahabatkuyang dirahmati Allah, masih ingatkah kita dengan sebuah kisah dizamanRasulullah tentang seorang ibu menyuruh puterinya mencampur susu dengan air?
Berikut akan saya ceritakan kembali agar kita tersadar bahwa jawaban tersebut merupakan cerminan ketulusan dan kepekaan akan pengawasan dari pencipta-Nya.

Ketika sedang meronda rakyatnya, amirul mukminin Umar bin Khaththab mendengar dialogantara seorang ibu dengan puterinya. Sang ibu menyuruh puterinya mencampur susu dengan air (agar takaran menjadi banyak untuk dijual, sementara orang mengira itu susu murni-pen). Sang puteri menjawab, "Amirul mukminin melarangnya!"Ibunya meyakinkan, "Bukankah Umar tidak melihatnya?" Sontak sang puteri menjawabnya, "Kalaupun Umar tidak melihatnya, tetapi sesembahan Umar melihatnya." Umar pun pulang dan menyuruh anaknya untuk meminang puteri tersebut. Dari garis keturunan inilah lahir Umar kedua, pemimpin yang adil dan bertakwa, Umar bin 'Abdul Aziz.

Subhanallah sahabtku, jikalau kita membaca kisah ini, sungguh janji Allah adalah benar jika selalu yakinpada-Nya. Allah selalu bersama kita. Lihatlah sahabatku, nikmat-Nya begitu besar, mendapat wanita dan lekaki yang sholeh/ah, anak yang luar biasa, dan kita tahu sendiri bahwa kekayaan Umar pun berlimpah.

Mungkin nikmat dari-Nya juga banyak kita rasakan apabila kita bersabar, berbuat kebaikan hanya untuk mendapat ridha-Nya. Sungguh dahsyat muraqabatullah.


Sahabatku dimanapun kalian berada, semoga apa yang Evi sampaikan ini bermanfaat bagi kita smeua. Jikalau Evi ada salah dalam tulisan, ucaapan ataupun perbuatan, Evi mohon maaf. Semoga kita terus saling mendo'akan, saling berbagi ilmu dan saling mengingatkan dalam kebaikan dunia dan akhirat. jazakumullah khoir telah membaca dan komentar di setiap catatan Evi. Yang paling terpenting adalah mengamalkan apa yang telah kita baca.


Wassalamu'alaikumwarahmatullah
~Evi A.~
Medan, 22Agustus 2010



"Ilaahi anta maqshuudii wa ridhaaka mathluubi wa a'thinii mahabbataka wa ma'rifatak [Ya Allah, Engkaulah tujuanku dan hanya ridha-Mulah yang aku harapkan dan berilah kepadku cinta-Mu (agar aku bisa mencinta-Mu) dan ma'rifat-Mu (agar aku bisa mengenal-Mu)].

Ya Allah, ya Rabbanaa. Kami mohon perlindungan-Mu dari godaan setan yang terkutuk dan kehadirannya dalam zikir. Jauhkanlah diri kami dari sifat-sifat setaniyah, yang membawa kami kepada keburukan, kejahatan, kenistaan dan kesesatan. Ya Allah hanya Engkau penolong kami. A'uudzubillaahiminasyysyaithaanirrajiim.

Ya Allah ya Rabbana, bukalah mata hati kami dari belenggu hawa nafsu yang sulit sekali kami mengendalikannya, kami tidak sanggup mengendalikannya kecuali pertolongan dari-Mu, Laa haula wala quwwata illa billahil 'aliyyul 'azhim.

Ya Allah ya Rabbana, kami berhimpun karena kami sayang kepada keluarga kami. Ampunilah dosa-dosa keluarga kami. Sucikan, bersihkan dan maafkanlah kesalahan keluarga kami.

Ya Allah, hamba mohon pada-Mu, hidayah-Mu untuk seluruh kaum muslimin-muslimat di dunia ini, terutama mereka yang hatinya masih tertutupd ari hidayah-Mu. Mereka saudara-saudara kami yang masi lebur dari maksiat, ya Allah bukakanlah matahati mereka agar menerima nur hidayah-Mu.

Ya Allah jadikanlah negeri Indonesia yang baldatun thayyibatun warabbunghafuur.

Ya Allah selamatkanlah seluruh saudara kami di Palestina, Afghanistan,Kasmir-India, dan seluruh muslimin-muslimat di dunia ini. Kabulkan do'a hamba,ya Mujiobassaailiin." (Baca surah Al-Fatihah).

Ya Allah, ya Rabbana, tidak lama lagi kami memasuki alam sakaratul maut, yang kami tidak tahu keadaan kami saat itu. Ringankanlah kami dalam menghadapi sakitnya sakaratul maut ini. Ya Allah, kami mohon khusnul khatimah. YaAllah sadarkanlah kami agar kami selalu memburu kebaikan perbaikan, perbaikan kebaikan.

Ya Allah, yang menerima taubat lagi maha pengampun. Ampunilah dosa-dosakami.Amin.. Allahu Akbar. Alhamdulillahirabbil'aalamin


blog comments powered by Disqus
 

About (Biodata Diri)

Profil Evi Andriani adalah
Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, berdiskusi, dan memberikan motivasi serta inspirasi bagi banyak orang.

Biodata :
Nama : Evi Andriani
Jenis Kelamin : Wanita
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 05 Oktober
Alamat : Jl. Selamat. No. 70. Medan Amplas. Medan 20219
Website : http://www.eviandrianimosy.blogspot.com dan http://www.tokoeviandriani.com
Email : evi_andriani55@yahoo.com
Twitter : @eviandri55
FB : https://www.facebook.com/eviandriani55
Line : eviandriani
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Menikah

Pendidikan :


2010 - 2015: Pascasarjana Teknik Elektro USU dengan Konsentrasi Teknik Sistem Komputer
2007 - 2010: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia (Electrical Engineering)
2003 - 2006: Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan
2000 - 2003: SMU Negeri 5 Medan
1997 - 2000: SMP Negeri 15 Medan
1991 - 1997: SD Negeri 060827 Medan
1990 – 1991: TK Nur Hasanah

Aktivitas 2015 ada di beberapa organisasi/grup :
- PMI Kota Medan
- FLP Sumut (Forum Lingkar Pena Sumatera Utara)
- IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis)
- Cinta Kupu (Komunitas Lupus Sumatera Utara)
- ITJ Medan
- ODOJ (One Day One Juz)
- Yayasan Lupus : YLI (Yayasan Lupus Indonesia), SDF (Syamsi Dhuha Foundation)
- Cermat (Cendoler Medan Top) dari Yayasan Mayoko-Aiko
- KEB (Komunitas Emak-emak Blogger)
- BlogM (Komunitas Blogger Medan)
- Winner Class (Kelas Menulis Pemenang oleh Ali Muakhir)

Karya Buku :
1). 25 buku antologi
2). 11 edisi buku Pariwisata dan Kebudayaan : Indonesia The Beauty of Asia
3). 2 buku solo

Prestasi seorang Evi Andriani :

Menang Audisi di bidang kepenulisan :
1.Memenangkan event “Leutika In Your Blog”
2.Memenangkan Lomba Resensi dan Foto Bareng Buku "Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang"
3.Memenangkan weeklynote Leutika tentang “Iklan rokok keren sih, tapi...”
4.Memenangkan event “Adu Jurus Lawan Setan”
5.Mendapatkan hadiah “Al-qur’an Azalia Syamil” karena blog terpilih.

Penghargaan :
1.Pada 11 Januari 2011, mendapat piagam penghargaan “Mari Menulis” dari Leutika Publisher sebagai Leutikan yang banyak mengajak masyarakat untuk cinta membaca dan menulis.
2.Pada 30 April 2012 mendapat piagam penghargaan dari Agensi Naskah Indiscript sebagai penulis.
3.Pada 16 Juni 2012 mendapat piagam penghargaan sebagai pembedah buku dalam rangka acara Workshop Menulis, Launching, dan Bedah Buku Ria Ristiana Dewi; Antologi Puisi Angin Kerinduan.
4.Pada tanggal 03 Maret 2013 mendapat piagam penghargaan sebagai pembicara Seminar Motivasi Pelajar “Bongkar Rahasia Sang Pemenang UN!” di aula BPPT Jl. Wahid Hasyim Medan.
5.Pada tanggal 12 Juni 2015 mendapat piagam penghargaan Idolanesia Award sebagai ITP Survivor dari KPPI (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Peliputan Profil / biografi :
1. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh DAAI TV pada tanggal 9 Februari 2013 pada acara Bingkai Kehidupan
2. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kartini pada Mei 2014
3. Pernah diliput profil seorang Evi Andriani sebagai wanita inspiratif oleh Majalah Kampus USU pada April 2015

Prestasi di bidang lainnya :
1.Juara 2 pidato bahasa Inggris pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 13 Juli 1996
2.Pada 26 Feb 2012, mendapat juara 2 dan sertifikat penghargaan sebagai “excellent performance in English Trivia Quiz” oleh LIA English Club Medan
3.Menjadi Warga Teladan Award Kampung WR (Writing Revolution) pada bulan Desember 2011-Januari 2012.
4.Sewaktu SD, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat sekolah
5.Sewaktu pramuka SMP, pernah mendapatkan juara 1 tarik tambang
6.Sewaktu SMA, pernah mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat PMR se-Sumatera Utara
7.Pernah dan selalu mendapatkan rangking 1 sampai tiga besar semasa sekolah SD, SMP dan SMA, juga masuk kelas unggulan di sekolah

Seminar / Pelatihan :

25-26 April 2015 : Mengikuti seminar Simposium nasional Perhimpunan Rematologi Indonesia dengan tema “National Friendly Treatment on Musculoskeletal Disorders and Disorders And Autoimmune Rheumatism” di Sahid Rich Hotel Yogyakarta dan mendapatkan sertifikat bernilai 12 SKP.

26-28 Maret 2015 : Mengikuti seminar simposium nasional Medan Chest And Clinical Immunology (MCCI) 2015 dengan tema “respiratory and allergy immunologi diseases from basic science to advanced” di Tiara Convention Centre Medan.

01-02 Februari 2014 : Mendapat sertifikat pelatihan : Certified Practicioner Quantum Love Therapy

26 Oktober 2013 : Mendapat sertifikat dari Acara Seminar IPE “New Perspective In Dentistry” dan Seminar Scientific Dentistry “New Perspective In Dentistry” pada Dies Natalis PSMKGI XXIV

20 April 2013 : Mendapat sertifikat sebagai peserta dalam kegiatan “Diskusi Berdikari: Mencetak Jurnalis Muda”

26 Juli 2012 : Mendapat sertifikat sebagai peserta dalam kegiatan “Diskusi Berdikari: It’s a Wrap”

04 Agustus 2012 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Hypnosis Fundamental selama 1 hari dan mendapatkan gelar CH di belakang nama.

18-24 Juni 2012 : Mendapat piagam penghargaan dari Walikota Medan sebagai peserta acara Pekan Flori dan Flora Nasional Tahun 2012.

01 April 2012 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Super Emotional Freedom Technique (Super EFT) Batch VII) yang diadakan oleh PT. ABCo Sugesti Motivando

23 Juli 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Artikel Online Angkatan IV yang di adakan Writing Revolution

26 Juli 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Puisi Online Angkatan IV yang di adakan Writing Revolution

24 April 2011 : Mendapat sertifikat dari acara Bedah Buku Novel Pipiet Senja “Jurang Keadilan” di Ruang Pameran Taman Budaya Sumatera Utara

19 April 2011 : Pelantikan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Sumatera Utara Periode 1432 – 1435 H dan Pengajian Akbar 1000 Pengusaha Medan di Asrama Haji Aula Madinatul Hujjaj.

15 Juni 2011 : Seminar Nasional “Kritikus Sastra Indonesia Mutakhir” di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

05 Maret 2011 : Mendapat sertifikat dari seminar I’m Virgin I’m Happy di auditorium USU

26 Feb 2011 : Mendapat sertifikat dari workshop sastra dengan topik : Teknik Penulisan Fiksi dan Teknik Menembus Media Massa yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Anak Kampus (KOMPAK) dan Laboratorium Sastra Medan (Labsas)

23 Jan-23 Feb 2011 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Menulis Cerpen Online Angkatan II yang di adakan Writing Revolution

14 November 2010 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Pribadi dan Pembicara Bercahaya

07 November 2010 : Mendapat sertifkat dari Pelatihan Mengajar Tahfizhul Qur’an For Kid dengan Metode FAHIM QUR’AN

18 Juli 2010 : Mendapat sertifikat dari Pelatihan Guru Kolosal & Nasional dengan Tema “The Smart of Memory System”

17 Juni-23 Agustus 2010 : Kursus Office Administrasi Perkantoran di Tricom

10 Agustus 2009 : Mendapat sertifikat dari seminar “It’s Time For Change International

Islamic Yout Seminar”

11 Juli 2009 : Mendapat sertifikat dari seminar “The Outstanding Invention of Biotechnology in Pharmaceutical Industry”

29 Maret 2009 : Mendapat sertifikat dari scholarship workshop “Scholarship Interview Strategies”

29 Maret 2009 : Mendapat sertifikat dari scholarship workshop “Writing Winning Scholarship Proposal”

30 Juni 2008 : Mendapat sertifikat dari pelatihan “Web Complete”

12-24Juni 2008 : Mendapat sertifikat dari seminar dan workshop “Brew Application Creative Summer with Mobile Applications”

5-9 mei 2008 : Mendapat sertifikat dari pelatihan “CDMA BSS” dari UI-Huawei Research & Training

28-30 April 2008 : Mendapat sertifikat dari seminar “Talkshow Entrepeneurship Membangun Wirausaha Muda Mandiri”

30 Desember 2006 : Mendapat sertifikat dari kursus “Autocad” di Dream Arch Medan

16 Desember 2006 : Mendapat sertifikat dari seminar “Video Editing dan 3D Max”

1 Desember 2005 : Mendapat sertifikat dari kursus PC Hardware Networking di WebMedia Training Center

2005 : Studi Ekskursi Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Medan di PT. Rubycon dan Indosat Batam.

17 Juli 2004 : Mendapat sertifikat dari seminar Update Technology ”Peran Teknologi GPRS dan EDGE Sebagai Media Komunikasi dan Informasi”

22 Oktober 2003 : Mendapat sertifikat dari seminar “Linux untuk Pendidikan”

5 Januari-5 Juni 2001: Kursus Percakapan Bahasa Inggris di Friendly International English

Course (FIEC)

4-7 Desember 2000 : Mengikuti Latihan TCTM XV dari SMU N 05 Medan

26-30 Mei 1999 : Mendapat sertifikat dari “Kwartir Cabang Kotamadya Medan Gerakan

Medan”

13 Juli 1996 : Mendapat piagam penghargaan “english speech” dari Dewan Pengurus

Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Prop.

Sumatera Utara.




Komunitas Blogger Medan

Aturan Mengutip Isi Blog

Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan menjaga amanah ilmiyyah & mencantumkan URL blog ini ya. Terima kasih ^_^.


Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. "khairun naasi anfa'uhum linnaas, sebaik-baik manusia adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain" (hadis dikutip Imam Suyuti dalam bukunya Al-Jami'ush Shagir)

Alhamdulillah jika bermanfaat isi blog ini buat semua sahabat.
Selamat Membaca!

Entri Populer